21 April 2010

Bang, sepak bola itu dari mana sih...?

Siapa sih di planet bumi ini yang nggak suka sepak bola..? kamu..? (......huuuuuuu)

Semua orang menyenangi olah raga ini (kecuali yg nggak suka!), tua, muda, pria, wanita, waria, bahkan bayi pun dipakai'in baju bola (Orang tua nya berharab besar, kelak anak nya jadi the next Cristoano Ronaldo atau minimal Bambang pamungkas..!! atau minimal banget Ronaldhikin "Shodikin" yg bisa masuk tipi... Saluutt...)

Permainan ini masih menjadi perdebatan tentang dari mana asal nya, beberapa dokumen menyebutkan bahwa sepak bola lahir sejak masa romawi, dan ada pula data yang menyebut kan bahwa permainan ini berasal dari Cina, Jepang, dan Mesir. Lalu dari mana sebenar nya permainan menyenangkan ini..?? (SD dulu aku ngotot bilang dari Indonesia... ternyata..!!)

Jawaban nya adalah Inggris. Benar, Negeri Ratu Elisabet ini merupakan tempat lahir nya sejarah sepak bola modern, perlu dicatat, "tempat lahir nya sejarah sepak bola modern" (yang lain ga perlu dicatat gapapa!!) dan bukan tempat permainan ini muncul.

Di Inggris, pada tahun 1857 berdiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola. Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

Nah kawan, udah tau sejarah sepak bola kan! So, Please jangan bilang "dari Indonesia" apabila adek kamu nanya, dari mana sepak bola berasal, oke.. (ngayal)

Sumber : www.shalimow.com

1 komentar:

Anonymous May 7, 2010 at 12:58 PM  

Glory United wae ahh...

Next previous home